Selasa, 20 November 2012

KUMPULAN KARYA ILMIAHKU

karya ilmiah program kreatifitas mahasiswa
 
A.   Judul Program Kegiatan
 “Pemanfaatan Ikan Air Tawar sebagai Pembuatan Kerupuk Ikan Melalui Tahapan Panggang



A.    LATARBELAKANG MASALAH

Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam (SDA). Kekayaan alam baik flora maupun fauna telah tersebar di seluruh bagian wilayah Indonesia. Setiap wilayah di Indonesia memiliki berbagai potensi alam yang beraneka ragam satu dengan lainnya. Pengembangan sekaligus pemanfaatan beraneka ragam hasil alam tersebut dapat menjadi salah satu mata pencaharian yang mendatangkan pendapatan bagi masyarakat terutama hasil ikan yang hidup di air tawar.

Di sumatera barat khususnya di daerah Pariaman tepatnya di Sungai Limau kenagarian kuranji hilir kec. Sungai limau, kab. Padang pariaman, masyarakat di sana kurang memanfaatkan hasil ikan yang berada di air tawar bahkan tidak di manfaatkan sama sekali karena pada mayoritas masyarakat tersebut menyukai ikan air laut di bandingkan dengan ikan air tawar , dan minoritas masyarakat disana yang penduduk menyukai hanya memanfaatkan ikan tersebut satu-satunya sebagai  lauk – pauk mereka. Ikan yang di hasilkan dari air tawar tersebut memiliki kualitas yang baik dan segar serta ukuran ikan yang relative lumayan besar. Ikan belum optimal penggunaannya pada daerah setempat. Dalam kegiatan ekonominya Pemanfaatan ikan yang ada di wilayah ini hasil tangkapannya di perjual belikan ke berbagai daerah lain. Di sinilah saya memilih judul pengolahan kerupuk ikan dengan cara di panggang agar masyarakat bisa melakukan wirausaha dan mengembangkan berbagai inovasi lainnya dalam pemanfaatan ikan air tawar dan menambah penghasilan. Kerupuk ikan sebelumnya belum pernah ada orang yang sengaja membuat dan memasarkan karna pada hakikatnya kebanyakan kerupuk-kerupuk yang telah ada belom banyak variasi. Contoh kerupuk-kerupuk yang telah ada seperti kerupuk ubi, kerpuk udang, kerupuk beras, kepupuk tempe, kerupuk bayam, kerupuk singkong dan ikan ikan inilah sebagai inovasi terbaru yang pernah ada.

Ikan air tawar mudah di dapatkan, baik itu pasar-pasar tradisional , warung kelontong bahan, maupun mall.  Selain Kandungan gizi ikan air tawar cukup tinggi  harganyanya pun lebih terjangku  atau lebih murah di bandingkan dengan ikan laut serta gizi yang di dapat hampir sama dengan ikan air laut, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah cukup. Sebagai bahan pangan, ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif. Keunggulan utama protein ikan dibandingkan dengan produk lainnya adalah kelengkapan komposisi asam amino dan kemudahannya untuk dicerna. Tingginya kandungan protein dan vitamin dari ikan juga sangat membantu pertumbuhan anak-anak balita.

Melihat potensi yang ada di daerah sungai limau yang kurang mengembangkan kreasi dalam pemnanfaatan ikan air tawar , maka perlu rasanya dilakukan pengembangan potensi yang dimiliki. Ikan dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kerupuk yang menggunakan  bahan dasar ikan, tepung dan percampuran bahan-bahan lainnya agar terciptanya suatu rasa yang enak melalui kreasi yang baru dan ini membutuhkan suatu pemikiran yang matang. Cara pengolahannya begitu unik yaitu bukan dengan di goreng seperti biasanyamelainkan melalui proses pemanggangan. Usaha seperti ini bisa di lakukan oleh pabrik, usaha rumah tangga ataupun perorangan yang bertujuan menimbulkan keuntungan bagi produsen yang inovatif. Setelah produk ini jadi,  perlunya di pikirkan kemana produk kreasi kerupuk ikan ini di pasarkan. Pemasaran kerupuk ini dapat di lakukan melalui penjualan ke luar daerah jika ada pemasok  yang menghendaki, warung-warung atau kios-kios  terdekat, mini market.

Latar belakang usaha ini di lihat dari kurang beragamnya pengolahan ikan air tawar bagi kota Pariaman khususnya daerah Sungai Limau dengan penyediaan bahan baku yang melimpah tetapi kurang pengoptimalannya. Melalui kegiatan ini nantinya, diharapkan masyarakat setempat dapat mengadopsi dan menjalankan usaha produksi kerupuk ikan sebagai bentuk pengembangan potensi lokal yang ada sekaligus peningkatan nilai tambah bagi daerahnya dan kesejahteraan perekonomian.


B.     PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan batasan masalah di atas, maka permasalahan yang sedang saya bahas adalah bagaimana mengoptimalkan pemanfaatan ikan air tawar dalam pembuatan kerupuk ikan yang pengolahannya melalui proses pemanggangan. Saya memilih judul ini karena kurang di manfaatkannya ikan air tawar dan ini pun akan menimbulkan inovasi baru bagi masyarakat.


C.    TUJUAN KEGIATAN
1.      Tujuan umum
-          Memberikan alternatif peluang usaha dalam memanfaatkan kerupuk ikan yang melalui tahapan pemanggangan serta memiliki nilai gizi yang tinggi bagi kesehatan.
-          Dapat memperbaiki keadaan ekonomi yang mengolah kerupuk tersebut
-          Terciptanya inovasi yang baru yang belum pernah terpikirkan oleh masyarakat di daerah setempat
2.      Tujuan khusus
a.       Memanfaatkan ikan menjadi kerupuk ikan dalam meningkatkan minat wirausaha mahasiswa, dan masyarakat kota Pariaman khususnya di daerah sungai limau.
b.      Memasarkan kerupuk sebagai cemilan yang memiliki nilai gizi tinggi pada  kota tinjauan bisnis dan wisata jika pengelolaan dalam hasil cipta ini terkelola dengan lancar.

D.    LUARAN YANG DIHARAPKAN
Setelah progran ini berhasil di ciptakan, maka hendaknya luaran yang di manfaatkan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1)      Dengan timbulnya program ini masyarakat hendaknya lebih memperhatikan kebermanfaatan lingkungan sekitarnya
2)      Terciptanya usaha baru dengan inovasi baru pemanfaatan ikan air tawar sebagai pembuatan kerupuk ikan dengan cara di panggang.
3)      Terjalinnya suatu ikatan kerjasama antara mahasiswa dengan masyarakat Desa Sungai Limau Kenagarian Kuranji Hilir Kec.Sungai Limau Kab.Padang Pariaman

E.     MANFAAT DARI PROGRAM
Dari perancangan hasil kegiatan tentu adanya suatu manfaat dari kegiatan yang di lakukan tersebut
Manfaat bagi masyarakat di antaranya:
v  Dengan pembuatan kerupuk nama daerah akan lebih terkenal karna belum pernah adanya pemprosesan kerupuk dengan cara di panggang
v  Akan menanbah pendapatan masyarakat di daerah itu
v  Mengeluarkan segala kreativitas masyarakat dalam pengolahan kerupuk yang bergizi dan murah di bandingkan dengan jajan cemilan yang mahal tetapi banyak mengandung zat pewarna
Manfaat bagi mahasiswa:
v  Menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman setelah melakukan pengolahan kerupuk dengan masyarakat
v  Dapat juga mendirikan wirausaha bagi mahasiswa itu sendiri
v  Terjalinnya hubungan sosial yang erat antara mahasiswa dengan masyarakat setempat
v  Mahasiswa dapat menjadikan kerupuk ikan tersebut sebagai cemilan yang bermutu akan kandungan gizi yang baik di konsumsi setiap waktu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar