KARENA DUNIA ANAK ADALAH DUNIA
BERMAIN
A.
Pentingnya
Arti Bermain Bagi Anak
“Bermain
merupakan suatu kegiatan atau ingkahlaku yang di lakukan anak secara sendirian
ataupun berkelompok dengan menggunakan alat atau untuk mencapai tujuan
tertentu”(Soegeng Santoso: 2002).
Menurut
Wong (1990) dan Foster (1984) bermain adalah suatu kegiatan alamiah yang di
lakukan oleh anak atas keinginan sendiri dalam rangka mengungkapkan konflik
dirinya yang tidak disadari guna memperoleh kesenangan dan kepuasan.
Dari pengertian di atas
tampak sekali pentingnya bermain bagi anak-anak. Dengan bermain anak akan
berusaha untuk memiliki keinginan dan mencapai keinginannya. Bermain akan
memicu semangat kompetisi yang sehat dalam jiwa anak-anak. Selain itu,
perkembangan fisik anakpun berkembang dengan baik karena secara fisik anak
sering melakukan aktivitas yang melatih perkembangan otot-ototnya.
Piaget (1962) melihat permainan sebagai media yang
meningkatkan perkembangan kogniif anak. Permainan imajiner dan permainan
kreatif juga mampu meningkatkan kognitif. Permainan merupkan suatu alat bagi
anak untuk menjelajahi dan mencari informasi baru secara aman, sesuatu yang
mereka tidak lakukan jika tidak bermain dan tidak melakukan permainan.
Banyak permainan yang
bisa dilakukan oleh anak usia dini. Bahkan sejak usia 3 sampai 5 tahun
permainan merupakan interaksi yang sangat penting bagi anak-anak. Permainan
meningkatkan afilisiasi dengan teman sebaya, mengurangi tekanan atau strees,
meningkatkan perkembangan kognitif, menigkatkan daya jelajah, dan memberikan
pengetahuan dasar tentang kehidupan. Permainan juga dapat meningkatkan
kemampuan anak dalam berbicara dan berinteraksi dengan yang lain.
Secara umum jenis permainan di kelompokkan menjadi 3 bagian
di antaranya sebagai berikut:
Permainan Aktif
merupakan permainan yang melibatkan lebih dari satu orang anak. Permainan aktif
yaitu berupa olahraga yang bermanfaat untuk mengolah kemampuan kinestetik pada
anak. Selain itu permainan aktif juga dapat memotivasi anak untuk belajar
meraih prestasi serta belajar bertahan dalam suatu permainan. Permainan ini
juga melatih aspek kognitif anak untuk belajar mengatur dan menentukan strategi
dalam meraih kemenangan.
Permainan
Pasif merupakan permainan yang sifatnya mekanis, dan biasanya di lakukan
tanpa teman yang nyata. Salah satu permainan pasif yaitu permainan elektronik
seperti playstation. Jenis permainan ini memiliki sisi positif dan negative,
positifnya yaitu anak bisa mmiliki keterampilan terentu yang bisa berproses
menjadi keahlian tertentu. Permainan komputer ini keterampilan dan strategi
yang tepat dalam memenangkan permainan. Namun secara fisik, permainan ini dapat
menghambat perkembangan kinestetetik pada anakkarena permainan ini sedikit
sekali menggunakan anggota tubuh. Anak-anak cenderung menggunakan tangannya.
Permainan Fantasi/imajinasi merupakan permainan yang diciptakan sendiri oleh anak dalam
dunianya. Anjang-anjangan merupakan salah stau permainan fantasi. Anak
perempuan dapat mengembangkan daya imajinasinya sehingga anak dapat memainkan
berbagai macam karakter yang dia ciptakan berdasarkan karakter yang dia
temukan dalam kehidupannya sehari-hari.
Fungsi
dan manfaat bermain dalam mengoptimalkan perkembangan anak, diantaranya yaitu:
ü Bermain dapat menyeimbangkan motorik
kasar seperti berlari, melompat, jongkok serta motoric halus seperti menulis,
menyusun gambar, menggunting dan lain-lain. Keseimbangan motoric kasar dengan
motoric halus akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis anak.
ü Bermain dapat mengoptimalkan kinerja
otak kanan. Melalui permainan fungsi kerja otak kanan dapat dioptimalkan karena
bermain dengan teman sebaya yang menimbulkan kegembiraan dan bahkan
pertentangan. Hal ini dapat menguji kemampuan anak dalam menghadapi teman
sebayanyaserta mengembangkan rasa realistis anak.
ü Bermain dapat menjadi sarana anak
untuk belajar menempatkan dirinya sebagai makhluk social. Dalam permainan ini
anak berhadapn dengan berbagai karakter yang berbeda, sifat dan cara berbicara
sehingga anak dapat mengenal heterogenitas
dan mulai memahaminya sebagai unsur penting dalam permainan. Dengan kata
lain, bermain membuat dunianya lebih berwarna, perasaan kesal, marah, sedih,
kecewa dalam permainan ini. Hal ini akan menjadi pengalaman emosional sekaligus
belajar mencari solusi untuk menaggulangi perasaan tersebut.
ü Bermain bersama teman bia membuat
anak belajar memberi dan berbagi, serta belajar memahami nilai memberi dan
menerima sejak dini. Salah satunya permainan ini yaitu saling berbagi makanan
dan minuman saling meminjamkan mainan.
ü Bermain juga dapat di jadikan sebagai
sarana untuk berlatih merealisasikan rasa dan sikap percaya diri, mempercayai
orang lain, kemampuan bernegosiasi dan memecahkan masalah.
ü Bermain dapat melatih perkembangan
moral dan etika pada sikap anak. Anak-anak akan melakukan permainan akan
berinteraksi dengan anak-anak. Saat bermain dalam kelompok anak dituntut
mematuhi aturan dalam permainan yang merupakan sebagai pembentukan moral yang
baik, etika dan tata krama.
ü Bermain dapat mengembangkan
kreatifitas karena dalam permainan, anak-anak dapat menerapkan ide mereka.
Semakin banyak media dan jenis permainan yang anak-anak mainka, maka semakin
banyak ide-ide yang bermunculan di dalam pemikiran si anak.
ü Bermain dapat mengembangkan
komunikasi dan bahasa anak karena bermain merupakan salah satu alat komunikasi.
Bagi anak yang belum mampu berkomunikasi secara verbal, menggambar dan bermain
peran adalah bahasa dan komunikasi bagi mereka.
Dunia anak adalah dunia bermain, dunia yang penuh dengan keindahan warna warni, dengan bermain anak dapat berkembang dalam berbagai kemampuan yang mereka miliki... tulisan yang menarik...terimakasih...salam.
BalasHapusVAZBET Agen Taruhan Bola Terpercaya Indonesia !
BalasHapus( SBOBET - UBOBET - CMD368 )
- Minimal DP. 25,000. Minimal WD. 25,000
- Bonus New Member 25.000 dengan min. DP 100,000
- Bonus Deposit 3%-10%
- Bonus Cashback Mulai dari 3%-10%
WA: +855 878 795 20
WEBSITE: WWW , VAZBETGAME , COM