Kamis, 29 November 2012

ARTI PENTING BERMAIN BAGI ANAK



KARENA DUNIA ANAK ADALAH DUNIA BERMAIN

A.      Pentingnya Arti Bermain Bagi Anak
“Bermain merupakan suatu kegiatan atau ingkahlaku yang di lakukan anak secara sendirian ataupun berkelompok dengan menggunakan alat atau untuk mencapai tujuan tertentu”(Soegeng Santoso: 2002).
Menurut Wong (1990) dan Foster (1984) bermain adalah suatu kegiatan alamiah yang di lakukan oleh anak atas keinginan sendiri dalam rangka mengungkapkan konflik dirinya yang tidak disadari guna memperoleh kesenangan dan kepuasan.
Dari pengertian di atas tampak sekali pentingnya bermain bagi anak-anak. Dengan bermain anak akan berusaha untuk memiliki keinginan dan mencapai keinginannya. Bermain akan memicu semangat kompetisi yang sehat dalam jiwa anak-anak. Selain itu, perkembangan fisik anakpun berkembang dengan baik karena secara fisik anak sering melakukan aktivitas yang melatih perkembangan otot-ototnya.

          Piaget (1962) melihat permainan sebagai media yang meningkatkan perkembangan kogniif anak. Permainan imajiner dan permainan kreatif juga mampu meningkatkan kognitif. Permainan merupkan suatu alat bagi anak untuk menjelajahi dan mencari informasi baru secara aman, sesuatu yang mereka tidak lakukan jika tidak bermain dan tidak melakukan permainan.
Banyak permainan yang bisa dilakukan oleh anak usia dini. Bahkan sejak usia 3 sampai 5 tahun permainan merupakan interaksi yang sangat penting bagi anak-anak. Permainan meningkatkan afilisiasi dengan teman sebaya, mengurangi tekanan atau strees, meningkatkan perkembangan kognitif, menigkatkan daya jelajah, dan memberikan pengetahuan dasar tentang kehidupan. Permainan juga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara dan berinteraksi dengan yang lain.



          Secara umum jenis permainan di kelompokkan menjadi 3 bagian di antaranya sebagai berikut:
*    Permainan Aktif merupakan permainan yang melibatkan lebih dari satu orang anak. Permainan aktif yaitu berupa olahraga yang bermanfaat untuk mengolah kemampuan kinestetik pada anak. Selain itu permainan aktif juga dapat memotivasi anak untuk belajar meraih prestasi serta belajar bertahan dalam suatu permainan. Permainan ini juga melatih aspek kognitif anak untuk belajar mengatur dan menentukan strategi dalam meraih kemenangan.

*  Permainan Pasif merupakan permainan yang sifatnya mekanis, dan biasanya di lakukan tanpa teman yang nyata. Salah satu permainan pasif yaitu permainan elektronik seperti playstation. Jenis permainan ini memiliki sisi positif dan negative, positifnya yaitu anak bisa mmiliki keterampilan terentu yang bisa berproses menjadi keahlian tertentu. Permainan komputer ini keterampilan dan strategi yang tepat dalam memenangkan permainan. Namun secara fisik, permainan ini dapat menghambat perkembangan kinestetetik pada anakkarena permainan ini sedikit sekali menggunakan anggota tubuh. Anak-anak cenderung menggunakan tangannya.

* Permainan Fantasi/imajinasi merupakan permainan yang diciptakan sendiri oleh anak dalam dunianya. Anjang-anjangan merupakan salah stau permainan fantasi. Anak perempuan dapat mengembangkan daya imajinasinya sehingga anak dapat memainkan berbagai macam karakter yang dia ciptakan berdasarkan karakter yang dia temukan  dalam kehidupannya sehari-hari.



Fungsi dan manfaat bermain dalam mengoptimalkan perkembangan anak, diantaranya yaitu:
ü      Bermain dapat menyeimbangkan motorik kasar seperti berlari, melompat, jongkok serta motoric halus seperti menulis, menyusun gambar, menggunting dan lain-lain. Keseimbangan motoric kasar dengan motoric halus akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis anak.
ü      Bermain dapat mengoptimalkan kinerja otak kanan. Melalui permainan fungsi kerja otak kanan dapat dioptimalkan karena bermain dengan teman sebaya yang menimbulkan kegembiraan dan bahkan pertentangan. Hal ini dapat menguji kemampuan anak dalam menghadapi teman sebayanyaserta mengembangkan rasa realistis anak.
ü                              Bermain dapat menjadi sarana anak untuk belajar menempatkan dirinya sebagai makhluk social. Dalam permainan ini anak berhadapn dengan berbagai karakter yang berbeda, sifat dan cara berbicara sehingga anak dapat mengenal heterogenitas dan mulai memahaminya sebagai unsur penting dalam permainan. Dengan kata lain, bermain membuat dunianya lebih berwarna, perasaan kesal, marah, sedih, kecewa dalam permainan ini. Hal ini akan menjadi pengalaman emosional sekaligus belajar mencari solusi untuk menaggulangi perasaan tersebut.
ü                         Bermain bersama teman bia membuat anak belajar memberi dan berbagi, serta belajar memahami nilai memberi dan menerima sejak dini. Salah satunya permainan ini yaitu saling berbagi makanan dan minuman saling meminjamkan mainan.
ü      Bermain juga dapat di jadikan sebagai sarana untuk berlatih merealisasikan rasa dan sikap percaya diri, mempercayai orang lain, kemampuan bernegosiasi dan memecahkan masalah.
ü      Bermain dapat melatih perkembangan moral dan etika pada sikap anak. Anak-anak akan melakukan permainan akan berinteraksi dengan anak-anak. Saat bermain dalam kelompok anak dituntut mematuhi aturan dalam permainan yang merupakan sebagai pembentukan moral yang baik, etika dan tata krama.
ü      Bermain dapat mengembangkan kreatifitas karena dalam permainan, anak-anak dapat menerapkan ide mereka. Semakin banyak media dan jenis permainan yang anak-anak mainka, maka semakin banyak ide-ide yang bermunculan di dalam pemikiran si anak.
ü      Bermain dapat mengembangkan komunikasi dan bahasa anak karena bermain merupakan salah satu alat komunikasi. Bagi anak yang belum mampu berkomunikasi secara verbal, menggambar dan bermain peran adalah bahasa dan komunikasi bagi mereka.  

2 komentar:

  1. Dunia anak adalah dunia bermain, dunia yang penuh dengan keindahan warna warni, dengan bermain anak dapat berkembang dalam berbagai kemampuan yang mereka miliki... tulisan yang menarik...terimakasih...salam.

    BalasHapus
  2. VAZBET Agen Taruhan Bola Terpercaya Indonesia !
    ( SBOBET - UBOBET - CMD368 )
    - Minimal DP. 25,000. Minimal WD. 25,000
    - Bonus New Member 25.000 dengan min. DP 100,000
    - Bonus Deposit 3%-10%
    - Bonus Cashback Mulai dari 3%-10%

    WA: +855 878 795 20
    WEBSITE: WWW , VAZBETGAME , COM

    BalasHapus